Home » , » Animasi Proses Terjadinya Hujan

Animasi Proses Terjadinya Hujan

animasi proses terjadinya hujan
Hujan adalah sebuah peristiwa Presipitasi (jatuhnya cairan yang berasal dari atmosfer yang berwujud cair maupun beku ke permukaan bumi) berwujud cairan. Hujan membutuhkan keberadaan lapisan atmosfer tebal supaya dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. proses terjadinya hujan ini akan coba kami animasikan, namun sebelumnya anda perlu tahu bagaimana proses terjadinya hujan
  1. Saat inar matahari menyinari bumi, energi (panas) dari sinar matahari ini mengakibatkan terjadinya transpirasi pada tumbuhan, evaporasi (penguapan) di lautan, samudra, danau, sungai dan sumber air lainnya sehingga dihasilkan uap-uap air.
  2. Uap-uap air ini akan naik pada ketinggian tertentu dan akan mengalami peristiwa yang disebut kondensasi. Peristiwa kondensasi ini diakibatkan oleh suhu sekitar uap air lebih rendah daripada titik embun uap air.
  3. Kemudian Uap-uap air ini akan membentuk awan. Lalu, angin (yang terjadi karena perbedaan tekanan udara) akan membawa butir-butir air ini.
  4. Butir-butir air ini akan menggabungkan diri (proses ini disebut koalensi) dan akan semakin membesar akibat turbelensi udara, butir-butir air ini akan tertarik oleh gaya gravitasi bumi sehingga jatuh ke permukaan bumi.
  5. Dan ketika jatuh ke permukaan bumi, butir-butir air ini akan melewati lapisan yang lebih hangat di bawahnya. Sehingga butir-butir air sebagian kecil menguap lagi ke atas dan sebagian lainnya jatuh ke permukaan bumi sebagai hujan. Inilah yang dinamakan dengan hujan.
Animasi proses terjadinya hujan silahkan liat disini

jika anda suka dengan animasi yang kami sharing, dan ingin mendapatkan update terbaru, silahkan bookmark blog kami serta subscribe channel kami di youtube

0 komentar:

Post a Comment