Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Alpukat - Web Kesehatan Manfaat Buah Alpukat

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Alpukat - Web Kesehatan

Allow, selamat sore, di kesempatan akan menjelaskan tentang Manfaat buah alpukat Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Alpukat - Web Kesehatan simak selengkapnya 

Alpukat (apokat/avokad) adalah buah yang cukup populer di Indonesia, khususnya sebagai jus. Rasa yang nikmat dan warnanya yang khas membuat buah ini gampang dikenali. Nama ilmiah untuk buah ini adalah Persea americana.

Namun, tak seperti buah yang lain, alpukat memiliki kandungan lemak dan kalori yang lebih daripada buah pada umumnya. Walaupun begitu, buah ini juga termasuk salah satu yang memiliki profil nutrisi yang tinggi dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan Gizi Alpukat

Yang paling mengesankan dari buah ini adalah kandungan antioksidan (karetanoid) yang dikandungnya. Tidak ada kandungan lain dalam alpukat yang melebihi kandungan karetanoid-nya.

Berikut adalah daftar kandungan antioksidan karetanoid utama yang dimiliki alpukat:

  • alpha-carotene
  • beta-carotene
  • beta-cryptoxanthin
  • chrysanthemaxanthin
  • lutein
  • neochrome
  • neoxanthin
  • violaxanthin
  • zeaxanthin

Dari daftar di atas saja, tidak mengherankan jika buah ini bisa memberikan manfaat penting bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Alpukat - Web Kesehatan
Gizi alpukat dalam 150 gram takaran saji

Selain itu, buah alpukat mengadung serat yang cukup tinggi, seperti terlihat pada tabel di samping (klik gambar untuk memperbesar), yang menunjukkan kandungan nutrisi alpukat per 100 gram sajian.

Alpukat juga dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat di planet ini karena mengandung lebih dari 25 nutrisi penting, termasuk vitamin A, B, C, E, dan K, tembaga, besi, fosfor, .

Alpukat juga mengandung serat, protein, dan beberapa phytochemical bermanfaat seperti beta-sitosterol, glutathione dan lutein, yang dapat melindungi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat buah alpukat untuk tubuh dan kesehatan:

1. Baik bagi kesehatan jantung

Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat tinggi homosistein dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Alpukat juga mengandung vitamin E, glutathione, dan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung.

2. Mengontrol tekanan darah

Alpukat merupakan sumber potassium/kalium yang sangat baik, yang dapat membantu mengrontrol level tekanan darah.

3. Sifat anti peradangan

Senyawa phytonutrisi yang ditemukan dalam alpukat, seperti polifenol dan flavonoid telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi atau anti radang, sehingga mengurangi risiko gangguan inflamasi dan degeneratif.

4. Menurunkan kadar kolesterol

Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah.

Menurut sebuah penelitian, pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang memasukkan alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki total 17 persen penurunan kadar kolesterol darah, penurunan 22 persen di kedua LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida, dan peningkatan 11 persen dalam tingkat HDL (kolesterol baik).

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Alpukat - Web Kesehatan

5. Baik untuk kesehatan mata

Alpukat adalah sumber lutein karotenoid, yang dikenal dapat membantu melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak yang berhubungan dengan usia.

6. Mengontrol kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, alpukat sangat baik disertakan dalam pola .

Lemak tak jenuh tunggal (lemak baik) di dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang akan membantu mengatur kadar gula darah.

Buah alpukat juga mengandung serat larut yang menjaga dapat kadar gula darah tetap stabil.

7. Mencegah cacat lahir

Alpukat kaya akan folat, unsur vitamin B yang biasa dikenal sebagai asam folat. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% dari nilai harian folat yang direkomendasikan. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir bagi waninta hamil.

8. Mengurangi resiko stroke

Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga dapat melindungi seseorang dari serangan stroke. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa orang yang makan diet kaya folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak

9. Mencegah kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Asam oleat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah .

10. Melawan radikal bebas

Alpukat mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan juga mengurangi resiko kanker.

11. Sifat anti-penuaan

Kaya akan antioksidan, alpukat sangat bermanfaat dalam melawan gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan, dan mendorong sistem saraf yang sehat.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Alpukat - Web Kesehatan

12. Mengatasi bau mulut

Alpukat adalah salah satu pencuci mulut alami dan obat terbaik. Itu karena alpukat membersihkan usus, yang merupakan penyebab utama lidah-berlapis dan bau mulut.

13. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Asupan alpukat dikaitkan dengan peningkatan penyerapan gizi oleh tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa, ketika peserta makan salad berisi alpukat, mereka menyerap lima kali jumlah karotenoid (kelompok nutrisi yang mencakup beta karoten dan lycopene) lebih banyak daripada mereka yang tidak menyertakan alpukat dalam saladnya.

14. Baik untuk perawatan kulit

Minyak alpukat ditambahkan dalam banyak kosmetik karena kemampuannya untuk memelihara kulit dan membuat kulit Anda bersinar. Hal ini juga membantu dalam mengobati psoriasis, penyakit kulit yang menyebabkan iritawsi kulit dan kemerahan.

15. Menambah berat badan

Alpukat mengandung 200 kalori dalam takaran 100 gram. Biasanya, buah-buahan memiliki sekitar 60-80 kalori untuk 100 gram. Karena jumlah kalorinya yang tinggi, alpukat adalah asupan buah terbaik bagi orang yang ingin .

Alpukat merupakan sumber kalori yang sehat, tidak seperti banyak makanan padat kalori lainnya yang mungkin mengandung kelebihan lemak jenuh dan gula.

Sekian pembahasan perihal Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Alpukat - Web Kesehatan semoga artikel ini menambah wawasan terima kasih

tulisan ini diposting pada label Manfaat buah alpukat, manfaat buah alpukat untuk ibu hamil, manfaat buah alpukat untuk bayi, , tanggal 16-05-2020, di kutip dari https://www.webkesehatan.com/alpukat-kandungan-nutrisi-manfaat-kesehatan/

Post a Comment for "Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Alpukat - Web Kesehatan Manfaat Buah Alpukat"