Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ANIMASI STATISTIKA



Kali ini  saya akan berbagi animasi STATISTIKA…
Statistika adalah ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan data, perhitungan atau pengolahan data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh.

animasi statistika
Buka video animasi statistika disini 

Berdasarkan jenisnya data dibedakan menjadi 2 yaitu  data kuantitatif dan data kualitatif
1.       Data kuantitatif yaitu data yang berupa bilangan dan nilai
2.       Data Kualitatif, yaitu data yang menggambarkan keadaan objek yang dimaksud.
Misalnya ada sebuah sumur yang sudah pasti mengandung air.  Dari sisi data kuantitatif kita dapat menghitung berapa volumenya, berapa kadar pHnya, kadar oksigennya dan lainnya yang berhubungan dengan nilai. Sedangkan secara kualitatif, air sumur tersebut datanya dapat beupa rasa, bau, dan warna.
Naaah.. selanjutnya, Dalam pengumpulan dan pengolahan data terdapat dua istilah yang harus kalian ketahui yaitu POPULASI DAN SAMPEL
Sebagai contoh : seorang peneliti ingin meneliti kandungan bakteri yang terdapat air sumur, maka peneliti tersebut tidak harus mengambil semua air dalam sumur untuk di uji, akan tetapi cukup satu gelas saja. Pada kasus ini semua air sumur dikatakan populasi, sedangkan satu gelas air tersebut merupakan sampel.
Untuk pengolahan data ada beberapa istilah sederhana yang bisa dan biasa di gunakan dalam statistika yaitu data terkecil, data terendah, jangkauan data, mean, median dan  modus. (adapun istilah lainnya akan pelajari di lain waktu, doakan yaa semoga projeknya segera terwujud) 

Dalam statistika data tunggal merupakan data sederhana yang berupa data yang banyaknya sedikit sehingga data itu cukup diurutkan dari data terkecil yang terbesar. Data terkecil disebut juga nilai terandah dan data terbesar merupakan nilai teringgi, sedangkan selisih data terbesar dengan data terkecil disebut jangkauan data.
Sebagai contoh diketahui hasil ulangan Bahasa Inggris, kelas IX tercatat adalah  4 6 5 7 6 8 6 7 8 9 5 4 6 7 7, dari nilai ini kita dapat menentukan data terkecil, data terbesar dan jangkauan data. Terlebih dahulu data kita urutkan 4 4 5 5 66 6 6 7 7 7 7 8 8 9
 Dari urutan tersebut kita dapat melihat bahwa  data terendah alah 4, dan data terbesar adalah 9 sedangkan jangkauan datanya adalah 5
Mean biasa juga disebut juga rata-rata hitung, rataan, atau rerata. Mean merupakan hasil bagi dari jumlah nilai data yang diamati terhadap banyaknya data yang diamati.
Median adalah nilukuran atau nilai tengah suatu data setelah data diurutkan
Sedangkan modus adalah nilai yang paling sering muncul
Misalnya 10 orang siswa smp diukur tingginya hasilnya yaitu 165, 164, 160, 167, 168, 154, 166, 164, 166, 164 untuk dapat menentukan mean, median dan modus terlebih dahulu datanya kita urutkan.
modus mean median


Jika data telah terurut, kita dapat melihat bahwa nilai terendah adalah 160, dan nilai tertinggi 168. Karena banyaknya data  genap sehingga untuk median maka ada dua nilai tengah yaitu 164 dan 165 untuk menentukan nilai tengahnya maka kedua data ini di bahagi 2, sehingga didapatlah nilai tengah 164,5. Dari data tersebut kita dapat menentukan meannya yaitu dengan menjumlahlahkan semua data dan membaginya dengan banyaknya data, jika kita jumlahkan semua data hasilnya yaitu 1648.  Sedangkan banyaknya data adalah 10.  dari hasi l tersebut kita dapatkan bahwa mean data adalah 164.8. sedangkan nilai yang paling sering muncul atau modusnya yaitu 164.
Ok demikian dulu penjelasannya ya … semoga kalian paham.

1 comment for "ANIMASI STATISTIKA"

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete