Home » , » Lidah Manusia (bagian dan fungsi)

Lidah Manusia (bagian dan fungsi)

Lidah merupakan satu dari lima panca indera yang dimiliki oleh manusia, sebagai indera yang dimiliki oleh manusia tentunya lidah memiliki kemampuan tertentu dalam melakukan pengenalan terhadap sesuatu. Saat mengunyah makanan lidah berfungsi untuk mengecap ataupun merasa rasa dari setiap makanan yang masuk ke dalam mulut manusia.

Bagaimana lidah dapat mengenali maupun membedakan setiap makanan??
Papila, yaa papilla. Papilla merupakan bintik-bintik kecil pada lidah yang berfungsi sebagai alat pengecap. Paplia pada lidah mampu membedakan rasa manis, asin, asam maupun pahit. (pedas; baca tentang ada yang unik)

Selain berfungsi sebagai alat pengecap, lidah juga berfunsi membantu manusia dalam mengucapkan bunyi (bicara). Bisa dibayangkan bagaimana jika tidak ada lidah, tentu kita tidak bisa berbicara.
Didalam proses pencernaan, lidah memproduksi kelenjar ludah (air liur) yang berfungsi untuk melarutkan makanan yang terdapat dalam mulut sehingga membantu proses pencernaan. Pada saat mengunyah makanan, lidah membantu agar makanan tidak keluar mulut, juga membantu agar makanan masuk kedalam kerongkongan. Semua hal itu dilakukan oleh lidah.
Fakta unik tentang lidah

Jika selama ini kita hanya mengenal bahwa setiap manusia memiliki sidik jari yang berbeda, maka perlu kalian ketahui ternyata setiap menusia memiliki “sidik lidah” yang berbeda sebagaimana jari manusia.

“lidah tak bertulang” itu adalah pepatah yang sering kita dengar. Nah hubunganya dengan artikel bahwa memang lidah tak meiliki tulang, melainkan hanya terdiri dari otot-otot sebagaimana belalai gajah.
Ada yang unik  dari lidah, ternyata “pedas” tidak dapat dirasakan oleh lidah hal ini karena pedas dikategorikan sebagai “rasa sakit”

Bagi anda yang ingin menyimaknya dalam bentuk video animasi, silahkan klik link animasi lidah sebagai indera pengecap manusia.


silahkan kunjungi animasi lidah manusia bagian I

part berikutnya menyusul

2 komentar:

  1. ooh jadi itu ya fungsi-fungsinya!??


    info yang menarik!


    Gratis ongkir s/d 40ribu

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=201.3549&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F2593533579%2F%3Fsmtt%3D201.3549

    ReplyDelete
  2. Bagaimana mengobati kencing nanah tanpa obat?

    Mengobati kencing nanah tanpa obat mungkin sangat kecil kemungkinan yang bisa dilakukan dengan cara ini. Karena jika anda menderita penyakit maka anda harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter yang tentunya akan diberikan obat yang sesuai dengan penyebabnya.
    Apa yang anda rasakan jika anda terkena atau terinfeksi penyakit menular seksual ini?

    1. Stress, Malu, Takut di Kucilkan
    2. Putus asa
    3. Malu untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter

    "Jika anda merasakan gejala atau tanda2 kencing nanah, jangan merasa malu untuk melakukan pemeriksaan. segera lakukan pengobatan secepat mungkin untuk membantu anda agar terhindar dari infeksi penyakit lain yang dapat di timbulkan dari penyakit kencing nanah."
    Silahkan konsultasikan keluhan yang anda rasakan pada kami. Klinik apollo merupakan salah satu klinik sepesialis kulit dan klamin terbaik di jakata. Ditunjang tekhnologi modern serta dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya, kami dapat membantu memberikan solusi untuk keluhan penyakit kelamin yang anda rasakan.

    Kunjungi halaman facebook kami di : Klinik Spesialis Kelamin Apollo

    Kulup panjang | Kulup bermasalah tidak usah mau sunat

    Ejakulasi dini bisa sembuh | Sunat dewasa di klinik apollo

    Chat | Klini chat

    ReplyDelete