Home » » Kandungan Kimia Ubi Jalar

Kandungan Kimia Ubi Jalar



Ubi jalar atau ketela rambat adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi yang tinggi.
Ubi jalar (Ipomoea batatas L) merupakan tanaman ubi-ubian dan tergolong tanaman semusim (berumur pendek). Tanaman ubi jalar tumbuh menjalar pada permukaan tanah dengan panjang tanaman dapat mencapai 3 meter. Ubi jalar berbatang lunak, tidak berkayu, berbentuk bulat, dan bagian tengah bergabus. Batang ubi jalar beruas-ruas dengan panjang antar ruas 1-3 cm. Daun ubi jalar berbentuk bulat hati, bulat lonjong, dan bulat runcing, tergantung pada variestasnya. Daun yang berbentuk bulat lonjong (oval) memiliki tepi daun rata, berlekuk dalam ubi jalar mempunyai bunga yang berbentuk terompet yang panjangnya antara 3-5 cm dan lebar bagian ujung antara 3-4 cm.
Kandungan Kimia Ubi Jalar
Disamping rasanya yang enak dan tentunya sebagai pangan alternative pengganti beras, ubi jalar memiliki kandungan kimia yang sangat berguna untuk dimanfaatkan.
Ubi jalar mengandung betakaroten (bahan pembentuk vitamin A) yang cukup tinggi. Semakin pekat warna ungu pada ubi, maka akan semakin tinggi kandungan betakarotennya. Kandungan kimia pada ubi jalar lainnya adalah protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat, abu, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, vitamin B1, B2, C, dan asam nikotinat serta kaya akan polifenol. Ubi jalar yang berwarna jingga mengandung 9900 mcg (32967 SI). Makin pekat warna jingganya, makin tinggi kadar betakarotennya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh.
Disamping betakaroten, ubi jalar ungu mengandung antosianin yang kadarnya dapat mencapai 110,15 mg/100 g bahan. kandungan kimia yang terdapat dalam ubi jalar ungu yaitu antosianin. Antosianin ini memiliki cianidin atau jenis peonidin, dan terealisasi dengan cafferic, ferulat, dan p-hidroksibenzoat asam.

sumber gambar :radaronline.co.id

1 komentar:

  1. Ubi Jalar juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Bagi anda yang sedang diet, ubi jalar menjadi pilihan yang sangt baik, untuk perawatan tubuh, seperti perawatan rambut dan elastisitas kulit, ubui jalar juga dapat dimanfaatkan. Selain itu, ubi jalar juga berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit, baik ringan maupun berat.

    Cari tahu selengkapnya tentang Ubi Jalar hanya di Seri Apotek Dapur: Sehat Tanpa Obat Dengan Ubi Jalar, Berkhasiat Untuk Penyakit Jantung, Stroke, Diabetes, Sampai Pegal Linu :

    https://goo.gl/xsq3wb


    honbookstore.com

    ReplyDelete