Home » , » Tipe Quis Team

Tipe Quis Team

Tipe quis team ini merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang dikembangkan oleh Mel Silberman dalam tipe quis team siswa dibagi kedalam tiga tim. Setiap siswa dalam tim bertanggungjawab untuk menyiapkan kuis jawaban singkat, dan tim yang lain menggunakan waktu untuk memeriksa catatannya.
Tipe Quis Team


            Setiap tim secara bergiliran menjadi pemandu kuis. Tim yang lain menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim pemandu kuis. Dengan adanya teknik tim ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang mereka pelajari dengan cara yang menyenangkan, tidak monoton dan membosankan.

            Model pembelajaran aktif tipe quis team ini, diawali dengan guru menerangkan materi pelajaran secara klasikal, lalu siswa dibagi kedalam tiga kelompok besar. Semua anggota kelompok bersama-sama mempelajari materi tersebut melalui lembaran kerja. Mereka mendiskusikan materi tersebut, saling memberi arahan, saling memberikan pertanyaan dan jawaban untuk memahami mata pelajaran tersebut. Setelah selesai satu bab sub pokok bahasan maka diadakan suatu pertandingan akademis.

            Dengan adanya pertandingan akademis ini maka terciptalah kompetisi antar kelompok, para siswa akan senantiasa berusaha belajar dengan motivasi yang tinggi agar dapat memperoleh nilai yang tinggi dalam pertandingan.
            Setelah siswa selesai membahas satu sub pokok bahasan, tim A  bertugas sebagai pemandu kuis bagi tim B dan Tim C. Soal kuis disediakan oleh Tim A yang akan diajukan kepada tim B, jika tim B tidak mampu menjawab maka akan dilemparkan kepada tim C. Bila tim dapat menyelesaikan soal-soal tersebut dengan benar maka tim tersebut akan memperoleh nilai, demikian juga bila tim tersebut dapat menjawab pertanyaan dari soal tim lain yang tidak dapat dijawab oleh tim yang bersangkutan.
            Semua siswa mempunyai kesempatan yang sama untuk mengumpulkan nilai bagi kelompoknya. Setelah beberapa kali pertandingan maka akan diperoleh tim yang keluar sebagai pemenang yaiu tim yang mencapai nilai paling tinggi dari tim lainya.
            Silberman (2004) mengungkapkan prosedur pembelajaran dengan menggunakan  tipe quis team adalah :
1.      Guru memilih topik yang bisa disajikan dalam tiga segmen.
2.       Siswa dibagi ke dalam tiga kelompok besar.
3.      Guru menjelaskan scenario pembelajaran.
4.      Guru menyajikan materi pelajaran.
5.      Guru meminta tim A untuk menyiapkan kuis jawaban singkat, sementara tim B dan tim C menggunakan waktu ini untuk memeriksa catatan mereka.
6.      Tim A memberikan kuis kepada tim B. jika tim B tidak dapat menjawab pertanyaan, tim C segerah menjawabnya.
7.      Tim A mengarahkan pertanyaan berikutnya kepada anggota tim C,dan mengulang proses tersebut.
8.      Ketika kuisnya selesai, lanjutkan segmen kedua dari pelajaran dan mintalah tim B sebagai pemandu kuis.
9.      Setelah tim B menyelesaikan kuisnya, lanjutkan dengan ketiga dari pelajaran dan tunjuklah tim C sebagai pemandu kuis.
10.  Tipe quis team ini dapat juga divariasikan sesuai kebutuhan kelas.
Variasi yang dapat dilakukan adalah
1.      Berikan tim pertanyaan kuis yang telah dipersiapkan yang darinya mereka dapat memilih kapan mereka mendapat giliran menjadi pemandu kuis.

2.      Berikan satu penyajian materi secara kontinu. Bagilah siswa menjadi dua tim. Pada akhir pelajaran perintahkan dua tim untuk saling member kuis.

Sumber : Silberman, M. 2004. Active Learning. USA: Bacon & Temple.

0 komentar:

Post a Comment