Tipe Quis Team
Tipe quis team ini merupakan salah satu model
pembelajaran aktif yang dikembangkan oleh Mel Silberman dalam tipe quis team siswa dibagi kedalam tiga tim.
Setiap siswa dalam tim bertanggungjawab untuk menyiapkan kuis jawaban singkat,
dan tim yang lain menggunakan waktu untuk memeriksa catatannya.
Setiap tim secara bergiliran menjadi
pemandu kuis. Tim yang lain menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim pemandu
kuis. Dengan adanya teknik tim ini dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa
atas apa yang mereka pelajari dengan cara yang menyenangkan, tidak monoton dan
membosankan.
Model pembelajaran aktif tipe quis team ini, diawali dengan guru
menerangkan materi pelajaran secara klasikal, lalu siswa dibagi kedalam tiga
kelompok besar. Semua anggota kelompok bersama-sama mempelajari materi tersebut
melalui lembaran kerja. Mereka mendiskusikan materi tersebut, saling memberi
arahan, saling memberikan pertanyaan dan jawaban untuk memahami mata pelajaran
tersebut. Setelah selesai satu bab sub pokok bahasan maka diadakan suatu
pertandingan akademis.
Dengan adanya pertandingan akademis
ini maka terciptalah kompetisi antar kelompok, para siswa akan senantiasa
berusaha belajar dengan motivasi yang tinggi agar dapat memperoleh nilai yang
tinggi dalam pertandingan.
Setelah siswa selesai membahas satu
sub pokok bahasan, tim A bertugas
sebagai pemandu kuis bagi tim B dan Tim C. Soal kuis disediakan oleh Tim A yang
akan diajukan kepada tim B, jika tim B tidak mampu menjawab maka akan
dilemparkan kepada tim C. Bila tim dapat menyelesaikan soal-soal tersebut
dengan benar maka tim tersebut akan memperoleh nilai, demikian juga bila tim
tersebut dapat menjawab pertanyaan dari soal tim lain yang tidak dapat dijawab
oleh tim yang bersangkutan.
Semua siswa mempunyai kesempatan
yang sama untuk mengumpulkan nilai bagi kelompoknya. Setelah beberapa kali
pertandingan maka akan diperoleh tim yang keluar sebagai pemenang yaiu tim yang
mencapai nilai paling tinggi dari tim lainya.
Silberman (2004) mengungkapkan
prosedur pembelajaran dengan menggunakan
tipe quis team adalah :
1.
Guru memilih topik yang bisa
disajikan dalam tiga segmen.
2.
Siswa dibagi ke dalam tiga kelompok besar.
3.
Guru menjelaskan scenario
pembelajaran.
4.
Guru menyajikan materi pelajaran.
5.
Guru meminta tim A untuk menyiapkan
kuis jawaban singkat, sementara tim B dan tim C menggunakan waktu ini untuk
memeriksa catatan mereka.
6.
Tim A memberikan kuis kepada tim B.
jika tim B tidak dapat menjawab pertanyaan, tim C segerah menjawabnya.
7.
Tim A mengarahkan pertanyaan
berikutnya kepada anggota tim C,dan mengulang proses tersebut.
8.
Ketika kuisnya selesai, lanjutkan
segmen kedua dari pelajaran dan mintalah tim B sebagai pemandu kuis.
9.
Setelah tim B menyelesaikan
kuisnya, lanjutkan dengan ketiga dari pelajaran dan tunjuklah tim C sebagai
pemandu kuis.
10. Tipe
quis team ini dapat juga divariasikan sesuai kebutuhan kelas.
Variasi yang dapat dilakukan adalah
1.
Berikan tim pertanyaan kuis yang
telah dipersiapkan yang darinya mereka dapat memilih kapan mereka mendapat
giliran menjadi pemandu kuis.
2.
Berikan satu penyajian materi
secara kontinu. Bagilah siswa menjadi dua tim. Pada akhir pelajaran perintahkan
dua tim untuk saling member kuis.
Sumber : Silberman, M. 2004. Active
Learning. USA: Bacon & Temple.
Post a Comment for "Tipe Quis Team"