Home » , » Antosianin

Antosianin

Jika anda perhatikan bahwa buah-buahan ataupun sayuran memiliki aneka corak warna yang berbeda, hal tersebut karena disebabkan  oleh banyak hal. Seperti adanya klorofil ataupun zat-zat tertentu. Beberapa-buah dan sayuran memiliki warna mera, warna ungu dan biru. Ketiga warna ini secara khusus dihasilkan oleh salah satu senyawa kimia yang bernama antosianin.

Pengertian antosianin

Antosianin adalah zat warna alami golongan flavonoid yang tersebar luas di alam. Senyawa antosian memberikan warna merah, ungu, dan biru pada beberapa bunga, buah, dan sayuran. Dalam tanaman, antosianin ditemukan hampir diseluruh bagian tanaman, misalnya kulit buah, mahkota bunga, dan akar.

Sifat antosianin

Zatwarna antosianin bersifat tidak stabil dan mudah terdegradasi. Stabilitasnya dipengaruhi oleh pH, suhu, penyimpanan, cahaya, enzim, oksigenasi, perbedaan struktur dalam antosian dan konsentrasi dari antosian. Antosianin berada dalam bentuk glikosida, bila dipecah akan menghasilkan gula dan antosianidin sebagai aglikonnya. Bagian terpenting dari glikosida antosianin adalah aglikon antosianidin (kation flavilium) yang mengandung ikatan rangkap terkonjugasi, sehingga dapat diserap pada panjang gelombang 500 nm dan menyebabkan senyawa ini dapat ditangkap oleh mata (baca juga warna dan penglihatan). Antosianin larut dan stabil dalam air karena merupakan suatu glikosida. Dalam bentuk glikosida, antosianin dibedakan berdasarkan jenis gula yang menempel pada aglikonnya. Gula yang paling umum terikat pada aglikon antosianidin antara lain : monosakarida (glukosa, ramnosa, arabinosa, xilosa), disakarida, dan trisakarida (yang paling umum adalah rutinosa, sofosa, sambubiosa, dan glukorotinosa).

Pemanfaatan antosianin
Antosianin

Senyawa antosianin yang terdapat pada ubi jalar berfungsi sebagai antioksidan dan penangkap radikal bebas, sehingga berperan dalam mencegah terjadinya penuaan, kanker, dan penyakit degeneratif seperti arteriosklerosis. Selain itu, antosianin juga memiliki kemampuan sebagai antimutagenik dan antikarsinogenik terhadap mutagen dan karsinogen yang terdapat pada bahan pangan dan produk olahannya, mencegah gangguan fungsi hati, antihipertensi, dan menurunkan kadar gula darah (antihiperglisemik).

karena memiliki warna khusus, antosianin kerap digunakan sebagai bahan pewarna alami terhadap bahan pangan. dan tentunya warna yang dihasilkan sangat tidak berbahaya bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya.


0 komentar:

Post a Comment