Home » , » Fosfolipid

Fosfolipid

Lipid dapat juga didefinisikan sebagai senyawa oraganik yang keberadaanya terdapat dalam alam dan juga tak larut dalam air, namun lipid dapat juga larut dalam pelarut organik non-polar. Suatu lipid dan lipidnya lainnya dapat diklasifikan berdasarkan kemiripan sifat fisisnya, kimia, fungsinal dan struktur dari suatu lipid, selain itu fungsi-fungsi lipid juga menjadi pertimbangan pengelompokan lipid.
Fosfolipid

Fosfolipid merupakan senyawa penting karena senya ini terdapat dalam otak dan sel saraf. Sampai ssaat ini, peranan fosfolipid dalam sistem biologis terus menjadi perhatian para peneliti. Fosfolipid di dalam sel saraf berfungsi sebagai penyekat listrik. Sel saraf atau mielin diduga mendapat sumbangsi dari fosfolipid seperti  sfingolipid yang berupa sfingomielin. Sfingomielim merupakan suatu ester fosfat, bukan gliserol, tetapi suatu alcohol alilik berantai panjang dengan suatu rantai sampaing amida. Sfingomielin merupakan sfingolipid dari kelas fosfolipid berupa plamalogen. Didalam membran sel ekor hidrofilik dan ekor hidrofobik dari fosfogliserida memungkinkan lewatnya air, ion-ion dan senyawa-senyawa lain secara selektif masuk dan keluar sel.

Fospolipid yang merupakan produk alam dari lipid  adalah lipid  yang mengandung gugus ester fosfat. Salah satu tipe dari fosfolipid yang erat hubungannya dengan lemak dan minyak adalah fosfogliserida. Fosfogliserida merupakan senyawa yang mengandung ester asam lemak pada dua posisi gliseril dengan suatu ester fosfat pada posisi ketiga. Senyawa ini juga memiliki sifat distinctive hal ini disebabkan molekul-molekulnya yang mempunyai dua ekor hidrofobik  dan gugus hidrofik yang bersifat sangat polar-ion dipolar. Karena sifatnya fosfogliserida yang kita sebutkan diatas, maka fosfogliserida  merupakan zat pengemulsi yang sangat bagus karena sifatnya yang surfaktan netral.


Di dalam otak, sel saraf, dan hati hewan  dapat ditemukan jenis fosfogliserida yang berbentuk Lesitin dan Sefalin. Ke dua tipe fosfogliserida ini dapat juga ditemukan dalam kuning telur, kecambah gandum, ragi, kedelai serta makanan lainnya. Dalam mayonnaise fosfogliserida berfungsi dari kunig telur menjaga agar minyak nabati tetap teremulsi cuka.

sumber gambar : faktailmiah.com

0 komentar:

Post a Comment