Home » » Syarat rumah sehat

Syarat rumah sehat

Sahabat Blog SAINS, kali ini admin akan berbagai lagi materi kesehatan lingkungan. silahkan dibaca

Rumah merupakan hunian yang sangat penting bagi manusia, karena rumah merupakan kebutuhan primer bagi manusia, rumah adalah sebuah tempat tinggal yang melindungi kita dari hujan, angin, terik matahari dan dinginnya malam. Rumah atau tempat tinggal dari zaman ke zaman mengalami banyak perubahan seperti pada saat zaman purba, manusia masih tinggal
syarat rumah sehat
di  gua-gua, kemudian berkembang dengan mendirikan rumah di hutan-hutan dan di bawah pohon. Sampai pada abad modern ini manusia sudah membangun rumah bertingkat dan diperlengkapi dengan peralatan yang serba modern (baca juga pengertian rumah sehat untuk melengkapi pengetahuan anda)
Syarat-Syarat Rumah Sehat
Rumah sehat ialah tempat kediaman suatu keluarga yang lengkap berdiri sendiri, cukup awet dan cukup kuat konstruksinya. Selain itu juga harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut:
·         Kebutuhan Fisiologis
1)                  Tersedia jumlah kamar/ruang yang cukup dengan luas lantai dan isi yang cukup dengan luas lantai dan isi yang cukup besar, agar dapat memenuhi kebutuhan seluruh penghuninya untuk melakukan kegiatan hidup.
2)                  Memiliki tata letak ruangan yang baik agar memudahkan komunikasi dan penghubungan antar-ruangan didalam rumah dapat lancar, tetapi juga menjamin kebebasan dan kerahasiaan pribadi (privacy) bagi masing-masing penghuni.
3)                  Suhu ruangan harus dijaga agar jangan banyak berubah. Suhu sebaiknya tetap berkisar antara 18-20 derajat celcius. Suhu ruangan ini sangat dipengaruhi oleh:
ü  Suhu udara luar
ü  Pergerakan udara
ü  Kelembaban udara
ü  Suhu benda-benda yang ada disekitarnya
Dirumah-rumah modern, suhu ruangan dapat diatur dengan fasilitas air conditioning.
4)                  Rumah harus cukup mendapat penerangan baik pada siang hari maupun malam hari. Idealnya, penerangan didapat dengan bantuan listrik. Setiap ruang diupayakan mendapat sinar matahari terutama pagi hari.
5)                  Pertukaran udara yang cukup menyebabkan hawa ruangan tetap segar (cukup mengandung oksigen). Dengan demikian, setiap rumah harus memiliki jendela yang memadai. Luas jendela secara keseluruhan kurang lebih 15% dari luas lantai. Susunan ruangan harus sedemikian rupa sehingga udara dapat mengalir bebas jika jendela dan pintu dibuka.

·         Kebutuhan Psikologis
1)                  Keadaan rumah dan sekitarnya, cara pengaturannya harus memenuhi rasa keindahan sehingga rumah tersebut menjadi pusat kesenangan rumah tangga yang sehat.
2)                  Adanya jaminan kebebasan yang cukup bagi setiap anggota keluarga yang tinggal dirumah tersebut.
3)                  Untuk setiap anggota keluarga, terutama yang mendekati dewasa, harus memiliki ruangan sendiri sehingga privasinya tidak terganggu.

4)                  Harus ada ruangan untuk hidup bermasyarakat, seperti ruang untuk menerima tamu.

0 komentar:

Post a Comment