Home » » Percobaan simulasi letusan gunung merapi

Percobaan simulasi letusan gunung merapi

Sahabat Blog Sains, jika sebelumnya admin hanya berbagai materi-materi teoritik, terapan dan beberapa animasi. Namun kali ini admin Blog sains akan berbagi materi tentang asiknya bermain sains. Materi kali ini berupa simulasi letusan gunung merapi. Nah simulasi ini sangat baik untuk diaplikasikan dalam proses belajar mengajar, agar pesesrta didik dapat mengamati bagaimana kejadian meletusnya gunung merapi kontekstual.

Dalam simulasi letusan gunung merapi ini ada beberapa alat dan bahan yang anda perlukan untuk merancang simulasi ini yaitu antara lain
  • Air
  • Tepung/korang bekas
  • Cuka
  • Cangkir
  • Pewarna makanan berupa warna merah
  • Soda kue
  • Baskom

Jika semua alat dan bahan simulasi letusan gunung merapu telah lengkap tahap selanjutnya adalah melakukan action…

    Percobaan simulasi letusan gunung merapi
  1. Buatlah replika gunung merapi dengan menggunakan tepung yang dicampur dengan air (jika anda menginginkan replika gunung merapi yang keras dan padat, anda bisa menambahkan lem pada campuran terigu dan air tersebut dan kemudian menjemurnya. Jika anda kesulitan membuatnya dari teigu anda dapat membentuk replika gunung menerapi dengan menggunakan korang bekas, yang dicampur dengan lem. Catatan : seperti halnya gunung merapi, jangan lupa buat lubang ditengah replika gunung merapi tersebut.
  2. Kemudian masukkan sedikit air pada baskom dan larutkan soda kue. Selanjutnya masukkan pewarna makanan pada larutan soda tersebut. Kemudian masukkan dalam lubang replika gunung merapi.
  3. Selanjutnya masukkan cuka seccukupnya  pada lubang gunung berapi tersebut..
  4. Dan.. lihatlah gelembung gas seperti larva yang terbentuk akan terus naik keatas hingga meluber keluar dari gunung merapi.

(silahkan berikan koreksi jika simulasi ini ada yang keliru karena admin masih  pemula)

Fenomena sains tersebut dapat dijelaskan, gelembung yang terbentuk merupakan gas karbon dioksida . gas ini dihasilkan dari reaksi soda kue dan asam cuka (reaksi asam-basa) . reaksi antara soda kue dan cuka akan menghasilkan asam karbonat yang tidak stabil, dan kemudian akan berubah menjadi air dan karbondioksida. Gelembenung tersebut terjadi karena pemisahann antara air dan gas karbon dioksida terus berlangsung.

Admin berharap bahwa simulasi ini dapat bermanfaat bagi sahabat sekalian…..
Jangan lupa follow G+ kami ya…



Ingin download animasi ??
seperti ini contohnya


0 komentar:

Post a Comment