Home » , » ngantuk setelah makan

ngantuk setelah makan



Bagaimanakah fenomena ini dari tinjauan sains???

Mungkin sedikit pembahsan berikut dari admin blog sains bisa member sedikit pencerahan pada anda, sehingga anda bisa menghindari hal-hal tersbut.

L-tryptophan merupakan zat dari protein dalam hal ini asam amino. L-tryptophan merupakan penyususn zat asam amino berupa niasin dan vitamin B. Dalam sains L-tryptophan juga merupakan zat pembentuk zat serotonin. Dalam aplikasinya, serotonin merupakan zat penghantar sinya di otak yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan menyebabkan kita jatuh tertidur. Dalam kebiasaan masyarakat, seratonin kerap dianggap sebagai zat pengilang stress dan biasanya zat ini terdapat pada coklat, oleh karena itu bagi orang yang sering mengalami stress dianjurkan untuk mengkonsumsi coklat agar sipenderita bisa mersa nyaman.
ngantuk setelah makan 
Kembali ke pembahasan L-tryptophan, dalam proses metabolisme tubuh khususnya metabolisme karbahidrat, karbohidrat dalam tubuh akan di pecah menjadi molekul-molekul gula, kemudian oleh tubuh gula akan ditransferkan ketubuh dan diolah menjadi energi. Dalam transfer atau distribusi gula, maka hormon insulin berfungsi untuk mengantarnya. Dalam proses inilah L-trpytophan akan ikut terdistribusi kedalam sel otot. Hal ini tentu berakibat pada meningkatnya konsentrasi  l-tryptophan dan menjadikan serotonin semakin menumpuk sehingga menjadikan kita mudah mengantuk.
Mengantuk juga disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam tubuh terutama dalam sistem saraf, hal ini disebabkan pada kita makan dengan porsi yang cukup besar dan makanan berat (mengandung banyak lemak dan karbohidrat kompleks), maka tentunya dalam proses metabolismenya baik itu katabolisme maupun anabolisme memerlukan energi yang besar. Besarnya energi yang dibutuhkan untuk proses metabolisme ini berbanding lurus dengan porsi makan anda. Pada saat terjadi metabolisme maka sebagian oksigen dalam otak akan berkurang dan hal ini menjadikan kita mengantuk bahkan ingin tidur..

Oleh karena itu, makan terlalu banyak pada pagi hari tak dianjurkan. Karena hal tersebut bisa mengurangi produktifitas anda. Selain itu konsumsilah makanan yang bisa membantu anda di pagi hari, dalam hal ini konsumsilah makanan yang banyak mengandung zat besi dan dalam hal ini sayuran hijau menjadi utama.

Walaupun demikian, jika anda merasa mengantuk pada siang hari itu sangat dianjurkan terutama pada karyawan karena berdasarkan hasil penelitian bahwa tidur disiang hari bisa menjadikan anda lebih produktif, namun sebagai catatan Blog sains, jangan tidur cukup lama cukup 20-30 menit saja, hal ini karena tidur berlebihan pada siang hari menjadikan anda malah loyo alias lemas. Mengapa demikian, karena metabolisme tubuh disiang dan malam hari itu berbeda….


Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda…..

0 komentar:

Post a Comment