Home » » Fotokatalis mampu melihat sinar

Fotokatalis mampu melihat sinar


Sahabat Blog Sains kali ini admin posting lagi terkat Kimia,lebih khusus kimia fisik.

Fotokatalis mampu melihat sinar
Sebuah nano partikel fotokatalis yang bekerja dibawah sinar alamiah dan dapat digunakan untuk menghilangkan polutan dari air telah dikembangkan oleh para ilmuwan Cina dan Jepang.
Fotokatalis menggunakan sinar untuk mempercepat suatu reaksi tetapi kebanyakan memerlukan sinar ultra-violet untuk bekerja. Sekarang, Renhong Li pada Universitas Zhejiang Sci-Tech, Cina dan para koleganya menggunakan bismuth untuk membuat sebuah katalis yang bekerja dibawah sinar yang terlihat.
Katalis Li menggunakan nano partikel platinum dimasukkan dengan semi konduktor oksida bismuth (Bi2O3). Bi2O3 memudahkan pengiriman elektron – elektron untuk mengambil tempat pada eksitasi oleh sinar yang terlihat. Hal ini menghasilkan permukaan yang menguraikan molekul – molekul, seperti acetaldehyde dan formaldehyde.

Suatu fotokatalis sinar alamiah dapat membantu membersihkan air
Rata – rata reaksi tersebut yang diperoleh dengan katalis baru ini sebanding dengan salah satu yang mengunakan sinar UV, kata Li. ‘Karena kebanyakan dari fotokatalis yang ada hanya dapat di – fotoeksitasi – kan dengan sinar UV, katalis Pt/Bi2O3  kami sangat berguna untuk tujuan penghematan energi,’ tambahnya.

Leonardo Palmisano, seorang peneliti fotokatalis pada Universitas Palermo, Italia mengatakan bahwa ‘ini menunjukkan beberapa hasil yang menyakinkanpada foto-oksidasi polutan organik dibawah penerangan sinar yang terlihat, menunjukkan efek plasmonik yang penting bagi fotokatalis Pt/Bi2O3.’ Dia menambahkan bahwa dia melihat adanya aplikasi yang menjanjikan bagi katalis baru.
Li mengatakan bahwa penelitian ini dapat menyediakan keuntungan dalam penggunaan platinum dan fotokatalis metal mulia, seperti penggunaan fotokatalis dalam pemisahan air dibawah sinar yang terlihat yang mana suatu area yang tim harapkan untuk diteliti lebih lanjut.
Sumber : chem-is-try.org

0 komentar:

Post a Comment