Home » , , » Metil Eugenol si Penarik Lalat

Metil Eugenol si Penarik Lalat


Metil Eugenol
Senyaw eugenol adalah Eugenol (C10H12O2), merupakan turunan guaiakol yang mendapat tambahan rantai alil, dikenal dengan nama IUPAC2-metoksi-4-(2-propenil)fenol. Ia dapat dikelompokkan dalam keluarga alilbenzena dari senyawa-senyaw fenol. Warnanya bening hingga kuning pucat, kental seperti minyak . Sumber alaminya dari minyak cengkeh. Terdapat pula pada pala, kulit manis, dan salam. Eugenol sedikit larut dalam air namun mudah larut pada pelarut organik.
Lalat buah atau dalam bahasa ilmiah disebut Drosophila melanogaster,
Apakah anda merasa kesal jika terlalu banyak lalat, sebagian dari anda akan merasa jijik jika melihat lalat berkerumun apalagi jika yang dikerumuni adalah makanan. Dalam perkembangan riset, ternyata telah ditemukan bahwa senyawa feromon lalat buah  memilih kemiripan dengan zat yang terkandung dalam daun cengkeh.

Senyawa ini dikenal dengan nama metil eugenol,  senyawa kimia yang bersifat attraktan atau sebagai penarik serangga terutama terhadap lalat buah . Attraktan ini tidak meninggalkan residu pada buah dan mudah diaplikasikan pada lahan yang luas. Karena bersifat volatil (menguap), daya jangkaunya atau radiusnya cukup jauh, mencapai ratusan meter, bahkan ribuan meter, bergantung pada arah angin. Daya tangkap attraktan bervariasi, bergantung pada lokasi, cuaca, komoditas dan keadaan buah di lapangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metil eugenol dapat menurunkan intensitas serangan lalat buah pada mangga sebesar 39-59%. untuk mendapatkan senyawa ini tentunya  terlebih dahulu adalah memisahkan senyawa eugenol dengan melakukan proses destilasi bertingkat. Selanjutnya eugenol yang didapatkan harus dimetilasi untuk mendapatkan senyawa yang yang di inginkan yaitu metil eugenol.
Kemudian senyawa yang didapatkan ini dalam aplikasinya biasanya dicampurkan dengan perekat,  fungsi dari pekat tersebut tentunya untuk mejerat lalat, yang mana senyawa metil eugenol akan berfungsi menarik (antractan) lalat (lalat akan tertarik karena adanya aroma feromon lalat betina).
Semoga informasi mengenai metil eugenol dari daun cengkeh ini memberikan manfaat yang sebanyak-banyaknya bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Tulisan ini mungkin masih banyak kekeliruannya, karena belum didukung  oleh sumber yang valid, jika anda punya pengetahuan lebih, silahkan masukkan komentar anda.

0 komentar:

Post a Comment