Home » , , » Cara Memurnikan Minyak Jelantah dengan Tepung Beras

Cara Memurnikan Minyak Jelantah dengan Tepung Beras

Sahabat Blog Atom kali ini saya akan membagikan mengenai cara memurnikan minyak jelantah dengan menggunakan tepung beras.

a.         Pendahuluan
Cara memurnikan Minyak jelantah dengan tepung berasSebagian masyarakat sudah terbiasa menggunakan tepung untuk mengendapkan kotoran yang terdapat pada minyak goreng. Tepung yang akan digunakan dalam percobaan ini adalah menggunakan tepung beras. Tepung (flour)harus dibedakan dengan pati (Starch). Tepung adalah hasil penghancuran, pencacahan atau pengecilan ukuran diameter dari suatu bahan pangan yang sebelumnya telah dikeringkan terlebih dahulu. Sedangkan pati merupakan sari yang diambil dari suatu bahan pangan. Untuk mendapatkan pati, bahan pangan diparut terlebih dahulu, kemudian diperas. Eluen yang dihasilkan, kemudian diendapkan untuk memisahkan pati dari air. Airnya didekantasi / dituangkan, kemudian endapannya diambil dan dikeringkan. Inilah yang disebut pati. Yang digunakan untuk mengendapkan kotoran yang terdapat dalam minyak goreng adalah tepung beras. Tepung beras merupakan produk pengolahan beras yang paling mudah pembuatannya.

Beras digiling dengan penggiling hammer mill sehingga menjadi tepung. Beras diayak atau ditampi untuk menghilangkan kotoran seperti kerikil, sekam, dan gabah. Beras yang sudah bersih, kemudian digiling sampai halus dengan menggunakan penggiling hammer mill yang berpenyaring 80 mesh. Beras dapat dicuci terlebih dahulu sampai bersih, kemudian direndam di dalam air yang mengandung natrium bisulfit, 1 ppm (1 g natrium bisulfit di dalam 1 m3 air ) selama 6 jam. Setelah itu beras ditiriskan dan dikeringkan sehingga dihasilkan beras lembab. Selanjutnya beras lembab ini digiling sampai halus. Beras lembab ini lebih mudah dihaluskan sehingga penggilingannya lebih cepat dan hemat energi. Setelah digiling, tepung beras perlu dijemur atau dikeringkan sampai kadar air dibawah 14%.
b. Alat dan Bahan
1) Alat
·         Gelas ukur
·         Gelas Kaca Bening
·         Penyaring Wajan, Spatula dan Kompor
2) Bahan
·         Minyak goreng bekas (jelantah)
·         Tepung Beras
c. Langkah Kerja
1)      Ukurlah 100 ml minyak goreng bekas dengan menggunakan gelas ukur
2)      Masukkan 100 ml minyak goreng ke dalam gelas kaca
3)      Masukkan satu sendok makan tepung beras ke dalam gelas kaca yang sudah diisi 100 ml minyak goreng bekas
4)      Masukkan ke dalam wajan
5)      Panaskan hingga suhu 50-60oC

6)      (Diraba dengan tangan terasa hangat) atau sampai timbul bunyi gemericik, biarkan 5 menit sambil terus diaduk
7)      Matikan kompor, diamkan 10-15 menit
8)      Tuangkan bagian atas minyak, endapannya dibuang.

d. Hasil



Hasil daur ulang dengan menggunakan tepung beras, dari penampakan warna jauh lebih bersih. Untuk lebih telitinya lagi, melihat penampakan fisik dari minyak goreng perlu dilakukan pengukuran intessitas warna, salah satu caranya dengan menggunakan spektrofotometri. Minyak jelantah banyak mengandung asam lemak bebas, sebagai akibat adanya proses oksidasi yang dipicu salah satunya oleh panas. Untuk melihat berapa jumlah asam lemak bebas (Free Fatty Acid) harus dilakukan analisa kimia dengan mencari angka asam.

semoga artikel cara memurnikan minyak jelantah dengan menggunakan tepung beras dapat bermanfaat bagi sahabat blog atom

0 komentar:

Post a Comment