Home » , » Agar Sahur Tak Lemas

Agar Sahur Tak Lemas

Sebagai seorang muslim, puasa merupakan amalan yang bersifat sunnah dan wajib terkhusus di bulan Ramadhan puasa merupakan suatu kewajiban yang harus ijalankan oleh setiap muslim. Namun, puasa juga mengharuskan seseorang untuk tetap beraktifitas sebagaimana mestinya, oleh karena itu agar tfisik kita kita tetap terjaga, mungkin perlu kiranya membaca tips berikut

1. Tetap Makan Dengan Porsi Normal
Kadang saat berbuka puasa, orang akan makan sepuasnya sehingga akan merasa kekenyangan sehingga menyebabkan seseorang kadang mengantuk. dan begitu tiba saatnya makan sahur, kadang makan mereka sedikit atau bahkan hanya meminum air, kopi ataupun teh karena tak ada nafsu makan. Oleh karenanya tetap menjaga pola makan yang normal agar kondisi sebelum dan sesudah puasa tetap tejaga.
2. Makan Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks
Perbanyak konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Karbohidrat kompleks dicerna oleh tubuh dalam jangka waktu yang lama sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lama serta memperlambat sistem pencernaan sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks juga dapat mencegah dehidrasi karena fungsinya yang mampu membantu tubuh menyerap air lebih efisien.
3. Hindari Makan Terburu-Buru
Makanlah secara perlahan sebab jika kita mengunyah makanan terlalu cepat kadar gula dalam darah akan terganggu sehingga beberapa jam setelah sahur perut akan menjadi cepat lapar. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi makanan pada saat kita makan terlalu cepat. Akibatnya, tubuh kurang sempurna dalam menyerap nutrisi sehingga cepat lemas.
4. Minum Air Putih yang Cukup
Perbanyak minum air putih pada saat sahur. Air putih lebih baik ketimbang teh manis atau minuman manis lainnya. Teh dan gula memang cepat menghasilkan tambahan energi namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga lebih cepat hilang sehingga tubuh mudah menjadi lemas.
Sebaiknya minum teh manis atau minuman manis lainnya pada saat berbuka saja untuk menggantikan energi yang hilang dalam waktu yang cepat. Mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti semangka dan timun juga disarankan. Jangan minum kopi dan teh berlebihan karena bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

0 komentar:

Post a Comment