Home » , » Malakalah Vitamin B12

Malakalah Vitamin B12

Pengantar


Vitamin merupakan zat yang mengambil peran penting untuk tubuh manusia. Bagi manusia, kebutuhan vitamin dan adalah menjadi jaminan kesehatan kondisi tubuh dalam keadaan sehat. Karena tubuh manusia tidak dapat memroduksi vitamin secara sendiri. Tubuh mendapatkan vitamin melalui proses pencernaan dari makanan yang kita konsumsi.
Dalam sejarahnya, vitamin B12 ditemukan dari hubungannya dengan penyakit anemia pernisius, sebuah penyakit otoimun yang menghancurkan sel-sel parietal dalam perut yang mensekresi faktor intrinsik. Faktor intrinsik ini sangat penting dalam absorpsi normal vitamin B12, sehingga kekurangan faktor intrinsik, yang tampak pada anemia pernisius, disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Sejak saat itu, banyak jenis-jenis kekurangan vitamin B12 lain yang lebih tidak kentara.
Vitamin B12, disebut juga kobalamin, adalah sebuah vitamin larut air yang berperan penting dalam fungsi normalnya otak dan sistem saraf, serta dalam pembentukan darah. Vitamin ini merupakan salah satu dari delapan vitamin B. Umumnya, vitamin ini terlibat dalam metabolisme setiap sel dalam tubuh, terutama pengaruhnya pada sintesis dan regulasi DNA serta pada sintesis asam lemak dan produksi energi.
Vitamin B12 amat penting bagi manusia. Anak-anak membutuhkan vitamin ini untuk membantu perkembangan normal otaknya. Di masa awal bumi terbentuk, vitamin B12 kemungkinan berfungsi sebagai katalisator reaksi, bahkan sebelum sel ada. Kini, seluruh binatang membutuhkan B12 untuk penyusunan DNA. Manusia yang tidak mampu membuat sendiri vitamin itu mengonsumsinya dari produk hewani atau        makanan suplemen.

Di sisi lain, binatang yang tidak makan produk dari hewan lainnya, mengambil nutrisi itu dari bakteri pencernaannya atau dari kotoran yang terinfeksi bakteri ini lewat tumbuhan yang dimakannya. Diperkirakan seperempat manula di atas 60 tahun di Massachusetts mengalami kesulitan menyerap vitamin B12. Padahal, kekurangan B12 bisa menyebabkan kerusakan syaraf, anemia, dan mudah lupa.

baca juga  Sifat dan Fungsi Vitamin B2

Silahkan download filenya disini

0 komentar:

Post a Comment