Home » , , » Makalah Proses Biokimia Vitamin K dalam Tubuh Manusia

Makalah Proses Biokimia Vitamin K dalam Tubuh Manusia

Pengantar 


      Struktur Kimia Vitamin K
Vitamin K (K dari “Koagulatins-Vitamin” dalam bahasa Jerman dan bahasa Denmark) merujuk pada sekelompok vitamin lipofilik dan hidrofobik yang dibutuhkan untuk modifikasi pasca translasi dari berbagai macam protein, seperti pada pembekuan darah. Secara kimia, vitamin ini merupakan turunan 1,4 metil naftokuinona, yang memiliki rantai samping alifatik (aliphatic side chain). Rantai samping ini terdiri atas 3 buah phylloquinon (sering dikenal sebagai vitamin K1) dan 4 cincin residu isoprenoid yang salah satunya bersifat tak jenuh.
Terdapat sejumlah derivate yang semuanya mempunyai bioaktivitas vitamin K yaitu :
a.    Vitamin K1 (phylloquinon)
Makalah proses biokimia vitamin K dalam tubuh manusia
Add caption
Phylloquinon merupakan sebuah keton polisiklik aromatic yang larut dalam lemak dan stabil pada kelembaban udara. Namun, vitamin K1 dapat mengalami dekomposisi oleh sinar matahari.Phylloquinon disintesis dari tanaman dan merupakan bahan makanan sumber.

Struktur kimia
b.    Vitamin K2 (Menaquinones)
Menaquinones memiliki rantai samping yang tergabung dalam sejumlah residu isoprenoid tak jenuh, yang pada umumnya diberi nama MK-n dimana n adalah jumlah dari isoprenoid. Menaquinones dihasilkan oleh bakteri usus (0,3 – 5 mg, kira-kira sama dengan jumlah yang disimpan di hati)

c.    Vitamin K3 (Menadion)
Merupakan vitamin K sintetik yang mempunyai kekuatan biologi dua kali lebih kuat dibandingkan vitamin K1 dan K2. Vitamin ini biasanya digunakan sebagai salah satu bahan pada industry makanan hewan peliharaan (pet food).
Vitamin K sintetik lain yaitu vitamin K4 dan K5. Vitamin K5 digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur.

download makalah vitamin D disini

0 komentar:

Post a Comment