Home » , » Konsep Sehat dan Sakit model John Gordon

Konsep Sehat dan Sakit model John Gordon


Sehat pada dasarnya adalah gambaran keadaan seimbang dari berbagai fakor. Penyakit timbul bila terjadi gangguan dari keseimbangan tersebut yang disebabkan oleh adanya perubahan dari satu factor atau lebih. Faktor-faktor yang berperan umumnya dibagi menjadi 3, yaitu Agent (penyebab penyakit), Host (penjamu) dan Environmental (lingkungan). Konsep ini dikenal sebagai konsep sehat model ekologi yang dikembangkan oleh John Gorden.
a.        Agent
Agent berasal dari kata sifat pembawaan agent itu sendiri yang mempunyai kemampuan untuk menyebabkan penyaki pada manusia.
1)             Agen golongan eksogen, yaitu penyebab penyakit yang terdapat diluar tubuh manusia yang dapat menyerang perorangan dan masyarakat. Agent golongan eksogen inidapat dikelompokkan menjadi
-          Yang nyata dan hidup
Penyebab penyakit ini sering disebut bibit penyakit yang berupa; bakteri, virus, jamur protozoa, cacing dan sebagainya.
-          Yang nyata tidak hidup
a)      zat kimia, yaitu racun, asam, alkali kuat, logam berat dan sebagainya
b)      trauma, yaitu trauma elektrik (kena arus listrik), trauma mekanik (terpukul, tertabrak), trauma thermik (terbakar)
c)      makanan, yaitu kekurangan beberapa zat makanan seperti protein, vitamin atau kekurangan makanan secara keseluruhan (kelaparan)
-          Yang abstrak
a)      Bidang ekonomi ; kemiskinan
b)      Bidang social ; sifat asocial
c)      Bidang mental (kejiawaan) ; kesusahan, resa cemas, rasa takut
2)             Agen golongan endogen , adalah penyebab penyakit yang terdapat dalam tubuh manusia yang dapat menyerang perorangan dan masyarakat. Yang termasuk golongan ini adalah :
a)         Habitus (perawakan)
b)        Penyakit turunan
c)         Faktor usia

b.        Host
Penjamu berhubungan dengan manusia, terutama mencakup faktor biologis (umur, jenis kelamin, suku bangsa, kekebalan dan resistensi) atau tingkah laku yang berkaitan dengan kebiasaan dan adat istiadat.
Bila seorang manusia terkena atau tertular penyaki, belum tentu akan menjadi sakit, karena sangat bergantung pada beberapa hal. Salah satu diantaranya adalah daya tahan tubuh.
Daya tahan tubuh mansia dapat ditingkatkan antara lain dengan :
1)        Makanan sehat
2)        Olahraga
3)        Cara hidup teratur yaitu bekerja, berisitirahat, berekreasi dan menikmati hiburan pada waktunya
4)        Menambah pengetahuan
5)        Patuh pada ajaran agama yang dianut
c.         Environmental
Lingkungan mencakup semua aspek diluar agent dan manusia . karena itu sangat beraneka ragam dan umumnya digolongkan menjadi 3 kategori, yaitu berhubungan dengan aspek fisik, biologis dan social ekonomi. Lingkungan adalah tempat pemukiman dengan segala sesuatunya, dimana organism itu hidup beserta segala keadaan dan kondisinya yang secara lasngsung maupun tidak langsung dapa diduga ikut mempengaruhi tingkat kehidupan maupun kesehatan dari organism itu.
Menurut UU No. 32 tahun 2007 bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan segala benda, daya, keadaan dan mahluk hidup, termasuk didalamnya manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan mahluk hidup lainnya.
Lingkungan hidup dapat dibagi menjadi 4 golongan satu sama lain saling mempengaruhi secara timbal balik, yaitu :
1)        Lingkungan biologik
2)        Lingkungan fisik
3)        Lingkungan ekonomi
4)        Lingkungan mental  sosial


Dilihat dari peristiwa terjadinya, lingkungan dapat dibedakan menjadi lingkungan alamiah dan lingkungan buatan. Lingkungan alamiah artinya lingkungan tersebut telah ada dialam, sedang lingkungan buatan adalah hasil karya, karsa dan ciptaan manusia.

0 komentar:

Post a Comment