Home » , , » Antara Kimia dan Kesehatan Lingkungan

Antara Kimia dan Kesehatan Lingkungan

Oleh : Rajman Atom Green
     
Sahabat blog atom mungkin akan sering bertanya mengapa sering saya membuat postingan mengenai kesehatan lingkungan. Ya ya.. saya memang banyak membuat konten yang berhubungan dengan kesehatan lingkungan, hal ini dikarenakan oleh beberapa hal

Kesehatan lingkungan merupakan turunan dari ilmu kimia

     Bagi sahabat blog atom khususnya para kimiawan tentunya tidak akan terlalu mempertanyakan hal ini, nah bagaimana dengan yang newbie!!!  Pada dasarnya ilmu kimia merupakan rumpun besar dalam ilmu Sains sebagaimana ilmu fisika, biologi dan matematika. Sehingga kemudian disiplin ilmu ini tentunya akan melahirkan banyak kajian cabang atas ilmu tersebut. Kesehatan lingkungan merupakan turunan ilmu yang salah satunya berasal dari kimia, sehingga didalam materi kajiannya kemudian banyak memuat tentang pengetahuan-pengetahuan ilmu kimia. Di lapangan, sebagai analis kesehatan lingkungan, pengetahuan akan ilmu kimia sangat diperlukan misalnya seperti mengukur apakah suatu lingkungan tercemar atau tidak, apakah masyakat disekitar jalan utama terpapar oleh logam berat, dan masih banyak lagi jenis analisis yang dalam kesehatan lingkungan  yang berhubungan erat dengan disiplin ilmu kimia.

Sering bergelut dengan kesehatan lingkungan

      Saya pribadi sebagai pengasuh blog ini begitu sering bergelut dengan kesehatan lingkungan, memnagapa demikian? Hal ini karena isteri saya kulaih mn=engambil jurusan tersebut (hehehe), sehingga sebagai suami saya sering kali mendapat panggilan tak terduga untuk menyelesaikan beberapa kasus yang dihadapinya. Sehingga dari hal tersebut saya kemudian banyak membuka dan mempelajari beberapa literasi mengenai kesehatan lingkungan.
     Selain itu pula, saya juga menjadi staf pengajar (walaupun Cuma kontrak sih) di jurusan yang hampir sama, sehingga semakin mempermudah saya dalam mebuat suatu konten.

Demikian…. Semoga tulisan yang pendek dan tak karuan ini bermanfaat bagi pembaca


0 komentar:

Post a Comment