Home » , » Makalah Klorin (mineral makro)

Makalah Klorin (mineral makro)

oleh    : Ferdiansyah
Editor : Rajman

download makalah lengkapnya disini
Berdasarkan kebutuhannya di dalam tubuh, mineral dapat digolongkan menjadi 2 kelompok utama yaitu mineral makro dan mineral mikro. Mineral makro adalah mineral yang menyusun hampir 1% dari total berat badan manusia dan dibutuhkan dengan jumlah lebih dari 1000 mg/hari, sedangkan mineral mikro (Trace ) merupakan mineral yang dibutuhkan dengan jumlah kurang dari 100 mg /hari dan menyusun lebih kurang dari 0.01% dari total berat badan. Mineral yang termasuk di dalam kategori mineral makro utama adalah kalsium (Ca), fosfor (P), magnesium (Mg), sulfur (S), kalium (K), klorida (Cl), dan natrium (Na). Sedangkan mineral mikro terdiri dari kromium (Cr), tembaga (Cu), fluoride (F), yodium (I) , besi (Fe), mangan (Mn), silisium (Si) and seng (Zn) (Anwari Irawan, 2007).
Dalam komposisi air keringat, tiga mineral utama yaitu natrium, kalium & klorida merupakan mineral dengan konsentrasi terbesar yang terdapat di dalamnya. Sehingga dengan semakin besar laju pengeluaran keringat, maka laju kehilangan natrium , kalium dan klorida dari dalam tubuh juga akan semakin besar. Diantara ketiganya, natrium dan klorida merupakan mineral dengan konsentrasi tertinggi yang terbawa keluar tubuh melalui kelenjar keringat (sweat glands).

Elektrolit utama yang berada di dalam cairan ekstraselular (ECF) adalah elektrolit bermuatan negatif yaitu klorida (Cl ). Jumlah ion klorida (Cl ) yang terdapat di dalam jaringan tubuh diperkirakan sebanyak 1.1 g/Kg berat badan dengan konsentrasi antara 98-106 mmol / L. Konsentrasi ion klorida tertinggi terdapat pada cairan serebrospinal seperti otak atau sumsum tulang belakang, lambung dan juga pankreas.
Sebagai anion utama dalam cairan ekstraselullar, ion klorida juga akan berperan dalam menjaga keseimbangan cairan-elektrolit. Selain itu, ion klorida juga mempunyai fungsi fisiologis penting yaitu sebagai pengatur derajat keasaman lambung dan ikut berperan dalam menjaga keseimbangan asam-basa tubuh. Bersama dengan ion natrium (Na ), ion klorida juga merupakan ion dengan konsentrasi terbesar yang keluar melalui keringat.

Klorida adalah ekstraselular mineral yang penting untuk pemeliharaan keseimbangan cairan dan, oleh karena itu, fungsi sel normal juga merupakan komponen penting dari jus lambung. Hampir semua klorida yang kita konsumsi dikaitkan dengan garam meja ( natrium klorida ), sehingga natrium klorida intake dan paralel satu sama lain Karena kerugian klorida yang terkait erat dengan kerugian natrium, kekurangan satu adalah berhubungan dengan kekurangan yang lain.

Kelebihan dan natrium klorida mungkin baik berkontribusi pada pengembangan hipertensi .  Kekurangan biasanya terjadi dengan berkeringat berat, sering diare, atau muntah sering. 76 kerugian Keringat cenderung menghabiskan klorida dan natrium ke tingkat lebih besar dari mineral lainnya, termasuk kalium dan magnesium (. Kebanyakan 77 orang yang berlebihan mengkonsumsi jumlah garam yang merupakan 60 persen klorida), sehingga asupan klorida biasanya 6.000 miligram (6 gram) atau lebih, tingkat yang jauh di atas kebutuhan normal. 76 klorida memperkirakan kebutuhan-DRI adalah 2,3 gram per hari untuk pria dewasa dan wanita, sedangkan batas atas yang aman untuk klorida adalah 3,6 gram per hari (www.healthline.com).

0 komentar:

Post a Comment