Home » » Selenium

Selenium

Oleh Bambang Renaaldi
Editor : Rajman

Selenium terkenal karena peranan yang dimainkannya dalam glutathione peroksidase (GSH-Px) sistem enzim. Empat peroxidases glutathione terpisah setelah diidentifikasi. Dalam sel total (GSH-Px) didistribusikan ~ 2:1 antara sitosol dan matriks mitokondria (19). Distribusi enzim memungkinkan peningkatan efisiensi radikal bebas oleh GSH-Pv sistem. Sistem enzim ini mapan sebagai antioksidan utama sistem pertahanan dalam tubuh.
Selenium (Se) adalah mineral yang tergolong pada trace-mineral karena keberadaannya dalam tubuh sangat sedikit. Akan tetapi, mineral ini hampir terdapat di seluruh tubuh manusia mulai dari jaringan di tulang, otot, dan darah. Selenium sudah diakui sebagai unsur esensial bagi manusia. Selenium adalah essential trace mineral yang berperan dalam berbagai proses tubuh sehingga dapat ditemukan pada hampir semua bagian tubuh. Mineral ini juga merupakan komponen penting pada glutathione peroxidase, enzim antioksidan yang menjaga sel-sel tubuh dari radikal bebas pemicu penyakit kanker dan jantung. Asal selenium dari dalam tanah dan ada dalam tubuh melalui tumbuh-tumbuhan yang kita makan.
Selenium adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai antioksidan untuk meredam aktivitas radikal bebas. Selenium tidak diproduksi oleh tubuh, tetapi diperoleh dari konsumsi makanan sehari-hari.

     SUMBER SELENIUM
Sumber utama selenium adalah tumbuh-tumbuhan dan makanan laut. Tanaman pangan merupakan sumber utama selenium. Jumlah selenium pada setiap makanan sangat bergantung pada kadar selenium dalam tanah dimana tanaman tersebut tumbuh. Selenium juga dapat ditemukan pada daging dan seefood. Hewan yang makan biji-bijian atau tumbuhan yang kaya selenium akan menyimpan banyak selenium pada ototnya. Selenium diperoleh sebagian besar dari biji-bijian, meski demikian daging, ikan dan unggas juga merupakan penyumbang penting (pennington, dkk,1984). Selenium yang terkandung dalam biji-bijian merupakan unsur yang berasal dari selenium yang berasal dari dalam tanah.

Sumber :
Selenium // http/ www.wikipedia.org (diunduh : minggu, 9 mei 2010)
Artikel selenium //www.chemistry.org. (diunduh : minggu, 9 mei 2010)

Kelebihan dan kekurangan //www.sunaryoblogspot.com (diunduh : minggu, 9 mei 2010)

0 komentar:

Post a Comment