Home » , , » Makalah Cara Pembuatan Detergen

Makalah Cara Pembuatan Detergen

download makalah lengkapnya disini

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belekang
Kata”detergen” yang berarti membersihkan sesuatu, berasal dari kata Latin adalah detergene yang berarti menghapus.  Deterjen adalah campuran berbagai bahan, yang digunakan untuk membantu pembersihan dan terbuat dari bahan-bahan turunan minyak bumi. Dibanding dengan sabun, deterjen mempunyai keunggulan antara lain mempunyai daya cuci yang lebih baik serta tidak terpengaruh oleh kesadahan air.
Kemampun deterjen yang membersihkan lebih baik menyebabkan deterjen mulai dilirik oleh sebagian orang untuk dikembangkan kemampuannya untuk membersihkan selain itu pula kebutuhan manuuia sehari-hari yang sangat membutuhkan deterjen untuk membersihkan menjadikan deterjen sebagai salah satu komoditas yang cukup baik pejualannya dipasaran.
Berbagai macam brand deterjen dipasaraan  saling mengklaim bahwa produk merekalah yang terbaik dalam membersihkan segala macam noda. Namun masyarakatlah yang menentukan produk mana yang terbaik untuk mereka. Disisi lain harga deterjen dengan kualitas yang cukup baik dalam membersihkan ternyata harganya sangat mahal sehingga hanya sebagian saja yang bisa yang bisa menikmatinya, tentuya orang-orang yang memeilki kelebihan materi.
Oleh karena itu sebagai mahasiswa khususnya kita mahasiswa yang mempunyai basic ilmu kimia harus mengetahui bagaimana cara membuat deterjen, apalagi jika itu deterjen dengan mutu yang baik. 
B.     Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui cara pebuatan detergen.

Sumber :
Anonim. Resep Dan Cara Membuat Deterjen Bubuk. http://yukitakelaundry.blogspot.com/ 2009/11 /resep-dan-cara - membuat-deterjen-bubuk.html [diakses 25 April 2010]
Anonim. Deterjen.http://id.wikipedia.org/wiki/Deterjen. [diakses 25 April 2010]
Anonim. Peluang Usaha Produksi Deterjen Skala Rumahan. http://bisnisukm.com/peluang- usaha-produksi-deterjen-skala-rumahan.html. [diakses 25 April 2010]
Anonim. Mau Deterjen. http://iwanmalik.wordpress.com/2008/05/14/mau-deterjen/#more-6. [diakses 25 April 2010]






1 komentar: