Home » , , » Makalah Fospor dalam bahan pangan

Makalah Fospor dalam bahan pangan

Oleh : Abd. Muaz
Editor : Rajman

         A. Sifat-sifat
          Fosfor ialah zat yang dapat berpendar karena mengalami fosforesens (pendaran yang terjadi walaupun sumber pengeksitasinya telah disingkirkan). Fosfor terdapat dalam empat atau lebih bentuk alotropik: putih (atau kuning), merah, dan hitam (atau ungu). Fosfor biasa merupakan benda putih seperti lilin. Bentuknya yang murni tidak memiliki warna dan transparan. Fosfor putih memiliki dua modifikasi: alfa dan beta dengan suhu transisi pada -3,8 derajat Celcius.
Fosfor (P) adalah mineral yang berperan penting dalam struktur dan fungsi tubuh, setelah kalsium. Fosfor didalam tubuh kita 80% berada pada tulang dan gigi dalam bentuk kalsium fosfat. Fosfor ditemukan dalam banyak makanan yang tinggi protein, oleh karena itu kekurangan mineral ini sangat jarangtidak terlarut dalam air, tetapi melarut dalam karbon disulfida. Fosfor adapat terbakar dengan mudah di udara dan membentuk pentaoksida.
B.                 MAKANAN SUMBER FOSFOR
pentingnya peranan mineral fosfor, menempati urutan kedua setelah kalsium dalam total kandungan tubuh.Fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat yang terdapat dalam tubuh sebanyak 80% berada dalam tulang dan gigi.
Fungsi utamanya sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesa DNA serta penyerapan dam pemakaian kalsium.
Kandunagn fosfor dalam makanan banyak terdapat dalam makanan yang tinggi protein, seperti ikan, ayam, daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan serelia atau gandum. Kandungan fosfor dalam makanan olahan juga banyak seperti daging proses, roti, havermut atau bahan makanan yang mengandung bahan makanan utama pengandung fosfor seperti disebutkan diatas. Kebutuhan fosfor untuk anak-anak berfungsi untuk penunjang perkembangan disaat pertumbuhan.
kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih bnayak dibandingkan saat-saat tidak mengandung, karena ibu hamil membutuhkan fosfor lebih banyak untuk tulang janinnya. Jika intake kalsium kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu, kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.
C.                 MANFAAT FOSFOR BAGI TUBUH
Pentingnya peranan mineral fosfor, menempati urutan kedua setelah kalsium dalam total kandungan tubuh.Fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat yang terdapat dalam tubuh sebanyak 80% berada dalam tulang dan gigi.
Fungsi utamanya sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesa DNA serta penyerapan dam pemakaian kalsium
            Kandungan fosfor dalam makanan banyak terdapat dalam makanan yang tinggi protein, seperti ikan, ayam, daging, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan serelia atau gandum. Kandungan fosfor dalam makanan olahan juga banyak seperti daging proses, roti, havermut atau bahan makanan yang mengandung bahan makanan utama pengandung fosfor seperti disebutkan diatas. Kebutuhan fosfor untuk anak-anak berfungsi untuk penunjang perkembangan disaat pertumbuhan.
Kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyak dibandingkan saat-saat tidak mengandung, karena ibu hamil membutuhkan fosfor lebih banyak untuk tulang janinnya. Jika intake kalsium kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu, kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.
Fungsi lainnya adalah:
·          Fosfor Memiliki peranan utama dalam mempertahankan kalsium, tulang dan gigi.
·         Membantu mempertahankan pH darah sedikit basa. Komponen penting DNA, adalah bagian dari semua membran sel terutama dalam jaringan otak.
·         Berfungsi untuk penunjang perkembangan disaat pertumbuhan anak.
Meningkatkan ketahanan dari para atlet dan memberikan keunggulan kompetitif yang lebih baik.


Makaalh lengkapnya, silahkan download disini 
DAFTAR PUSTAKA
Adypadoe. 2008. Manfaat dan gejala kekurangan fosfor bagi tubuh. (http:www.myhealttips.com diakses 9 mei 2010)
Anonim.2008. makanan sumber fosfor. (http:www.e-samarinda.com diakses 9 mei 2010)
Anonim. 2009. Manfaat fosfor bagi tubuh. (http: www.titianbambu.blogspot.com diakses 9 mei 2010)

Mohsin, Yulianto. 2006. Fosfor. (http:www.chem-is-try.org diakses 9 mei 2010)

0 komentar:

Post a Comment