Home » , » “Kimia” apakah itu?

“Kimia” apakah itu?


Sering kita mendengar dari orang-orang bahwa kimia itu selalu identik dengan berbahaya, bukan bahan alami alias buatan bin sintetik, dan tentunya masih banyak lagi persepsi masyarakat mengenai “kimia” itu sendiri.

Lalu apa sebenarnya “kimia” itu?

merupakan meteri yang ada dialam raya, yang meliputi perubahan bentuk dan sifatnya. Atau dalam pengertian yang hampir sama bahwa “Ilmu Kimia” adalah ilmu yang mempelajari bagaimana materi di alam raya dapat di ubah dari bentuk yang dengan sifat-sifat tertentu menjadi bentuk yang lain dengan sifat yang berbeda.

Dalam pengertian sains materi adalah setiap objek yang membutuhkan ruang yang jumlahnya diukur oleh suatu sifat yang disebut massa. Sifat-sifat materi dapat digolongkan menjadi dua kategori yaitu sifat fisik dan sifat kimia.

Pada intinya materi tak lain merupakan apa yang kita dengar, kita rasa, kita dengar, kita lihat, kita raba. Jadi materi itu adalah objek yang dapat kita indera, karena selain dari itu berarti bukanlah materi tapi “gaib”.
Oleh karena kimia tidak dapat dipisahkan dari kehidupan, manusia dan alam semesta. Karena semuanya itu merupakan materi. Kita harus sadar bahwa dari inti bumi sampai langit semuanya merupakan kimia, dari ujung kaki sampai rambut merupakan kimia. Jadi kimia adalah bagian dari kehidupan yang tidak dapat dipisahkan.

Jika dikalsifikasikan maka dalam materi kita kenal namanya unsur dan senyawaUnsur adalah zat yang tidak dapat dibuat menjadi zat yang lebih sederhana baik secara fisik maupun kimia. Sedangkan senyawa terbentuk dari dua unsur atau lebih, baik itu tercampur secara homogen maupun heterogen.
Mudah-mudahan artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi kita semua. 

dari berbagai sumber

0 komentar:

Post a Comment