Home » » Hormon Melatonin si "Obat disaat anda tidur"

Hormon Melatonin si "Obat disaat anda tidur"



Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila.

Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Faktor keamanan harus dibangun untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kriminalitas ketika kita sedang tidur. Untuk itu selalu periksa keamanan rumah sebelum tidur. (http://id.wikipedia.org/wiki/Tidur)


Manusia sangat tidak bisa dipisahkan dari tidur pada malam hari, hal ini karena manusia sering beraktifitas di pagi sampai dengan seore hari, sehingga malam hari digunakan untuk istirahat agar esok harinya dapat kembali segar utnuk melakukan semua aktifitasnya.


Selain aktifitas, ternyata secara kimiawi didalam tubuh manusia terdapat hormon yang mengatur siklus tidur, hormon ini yaitu "hormon melatonin" atau yang secara penamaan disebut dengan N-acetyl-5-methoxytryptamine yang tak lain juga adalah hormon neutropik dengan gugus antioksidan indolamina.

Hormon melatonin yang berfungsi sebagai pengatur siklus hidup, juga ternya berfungsi sabagai anti oksidan dan didalam fisiologis, berfungsi sebagai ritem biologis, regulasi tekanan darah, onkogenesis, retina, reproduksi, ovarium, sistem kekebalan dan diferensiasi osteoblas.

Kapankah Hormon Ini Diroduksi
Seorang ahli biologi bernama Joan Roberts menemukan bahwa tubuh tidak akan memproduksi Hormon Melatonin apabila ada cahaya. 

Oleh karena itu pada saat malam hari diwaktu kita tidur, alangkah bijaknya apabila bila kita memberikan waktu bagi tubuh untuk memproduksi hormon melatonin, sehingga kita dapat pula menyehatkan tubuh kita sekaligus dapat pula menghemat energi. 

Sehingga ketika kita bangun dipagi hari, kita akan dapat merasakan kesegaran, karena selama tiudr, tubuh kita telah terjaga hormon tersebut.






0 komentar:

Post a Comment