Home » , , » Animasi Kimia Penentuan Asam Askorbat dalam Vitacimin

Animasi Kimia Penentuan Asam Askorbat dalam Vitacimin


Menurut Wikipedia bahwa Asam askorbat adalah salah satu senyawa kimia yang disebut vitamin C, selain asam dehidroaskorbat. Ia berbentuk bubuk kristal kuning keputihan yang larut dalam air dan memiliki sifat-sifat antioksidan. Nama askorbat berasal dari akar kata a- (tanpa) danscorbutus (skurvi), penyakit yang disebabkan oleh defisiensi vitamin C. Pada tahun 1937, hadiah Nobel dalam bidang kimia diberikan kepada Walter Haworth atas hasil kerjanya dalam menentukan struktur kimia asam askorbat (http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_askorbat).


Dalam penentuan kadar vitamin C larutan sampel ditambahkan dengan iod oleh karena itu titrasi yang digunakan yaitu titrasi iodometrikarena pad aanalit langsung terdapat iod. Iodium mengoksidasi vitamin C ekivalen dengan jumlah total vitamin C yang terdapat dalam sampel. Sebelumnya vitamin C digerus kemudian dilarutkan dalam air, lalu kemudian diberi asam sulfat Pekat. 

berikut ini adalahn Screen Shoot dari animasi tersebut.








Untuk lebih jelasnya, bagaimana penentuan kadar asam askorbat dalam vitacimin, langsung saja saksikan video animasi kimia berikut:





Jika anda ingin mendownload animasi kimia ini, silahkan klik link dibawah ini






1 komentar:

  1. wah. materi yang animasi yang sangat menarik..

    ReplyDelete