Home » , » PEPTIDA

PEPTIDA


Suatu peptida ialah suatu amida yang dibentuk dari dua asam amino atau lebih. Ikatan amida antra suatu gugus a-amino dari suatu asam amino dan gugus karboksil dari asam amino lain disebut ikatan peptida. Contoh peptida berikut yang dibentuk dari alanina dan glisina, disebut alanilglisina, menggambarkan suatu ikatan peptida.
GAMBAR 1. Ringkasan reaksi asam-asam amino.
Tiap asam amino dalam suatu molekul peptida disebut suatu satuan (unit) atau suatu residu. Alanilglisina mempunyai dua residu : residu alinina dan residu glisina. Bergantung pada banyaknya satuan asam amino dalam molekul itu, maka suatu peptida dirujuk sebagai dipeptida, suatu tripeptida, dan seterusnya. Suatu polipeptida ialah suatu peptida dengan banyak sekali residu asam amino. Apa perbedaan suatu polipeptida dan suatu protein? Sebenarnya tidak ada. Keduanya adalah poliamida yang tersusun dari asam-asam amino. Menurut perjanjian, suatu poliamida dengan residu asam amino kurang dari 50 dikelompokan sebagai peptida, sedangkan poliamida yang lebih besar dianggap sebagai protein.

Dalam dipeptida alanilglisina itu, residu alanina memiliki gugus amino bebas dan satuan glisina mempunyai suatu gugus karboksil bebas. Namun alanina dan glisina dapat digabungkan dengan cara lain untuk membentuk glisilalanina. Dalam mana glisina mempunyai gugus amino bebas dan alinina mempunyai gugus karboksil bebas.

Dua peptide yang berlainan dari alinina dan glisinia :
Makin banyak residu asam amino dalam suatu peptida, makin banyak kemungkinan strukturnya. Glisina dan alanina dapat digabung menurut enam cara yang berbeda. Sepuluh asam amino berlainan dapat menghasilkan lebih dari empat trilyun (1012) dekapeptida.

untuk tujuan pembahasan diperlukan untuk menyatakan peptoda dengan cara yang sistematik. Asam amino dengan gugus amino bebas biasanya ditaruh pada ujung kiri struktur itu. Asam amino ini disebut asam amino N-ujung. Asam amino dengan gugus karboksil bebas ditaruh di ujung kanan disebut asam amino C-ujung. Nama peptida terdiri dari nama asam amino seperti pemunculannya dari kiri kekanan, dimulai dari asam-amino N-ujung.
Sumber : buku Kimi Organik Jilid II : Fessenden & Fessenden

0 komentar:

Post a Comment