Home » , » KANDUNGAN AIR DALAM BAHAN PANGAN

KANDUNGAN AIR DALAM BAHAN PANGAN

oleh Rajman


Sering kita jumpai sehari-hari bahwa sebagian orang dalam mengelola bahan pangan banyak mengabaikan aspek yang sangat penting yaitu salah satunya air. Padahal didalam bahan pangan air memilki peranan yang sangat penting. Air merupakan sumber nutrien seperti bahan makanan lainnya, namun keberadaan air sangat penting untuk keberlangsungan proses biokimiawai organisme hidup.
Air yang terdapat dalam
 bahan pangan sangat berperan penting yaitu dapat berfungsi untuk membentuk tekstur bahan pangan, cita rasa dan kesegaran bahan panganAir dalam bahan makanan terdapat dalam: 
  1. Air bebas, terdapat dalam ruang-ruang antat sel dan interglanular dan pri-pori yang terdapat pada larutan.
  2. Air yang terikat secara lemah karena terserap (teradsorbsi) pada permukaan koloid makromolekular seperti protein, pektin pati dan sellulosa. selain itu juga terdispersi diantara koloid tersebut dan merupakan pelarut zat-zat yang ada dalam sel. Air merupakan pelarut zat-zat yang ada dalam sel. Air yang ada dalam bentuk ini masih tetap mempunyai sifat air bebas dan dapat dikristalkan pada proses pembekuan. Ikatan antara air dengan koloid tersebut merupakan ikatan hidrogen.
  3. Air dalam keadaan terikat kuat, yaitu air yang membentuk hidrat. Ikatan bersifat ionik sehingga relatif sukar dihilangkan atau diuapkan.
Dapat dituliskan kembali bahwa fungsi air dalam  bahan pangan adalah sebagai berikut: 
  1. Air dapat mempengaruhi penampakan tekstur serta cita rasa makanan.
  2. Air dalam bahan makanan menentukan kesegaran dan daya tahan pangan. Kerusakan bahan makanan seperti pembusukan oleh mikroba ditentukan oleh kandungan air yang adal dalam bahan makan tersebut.
  3. Selain itu air dalam bahan makanan menentukan komposisi yang dapat menentukan kualitas bahan makanan tersebut.
Untuk mendownload artikel ini dalam bentuk *.pdf harap tunggu ya karena pengelola masih menghadapi masalah teknis. 
Mohon maaf atas ketidak tersediaan secara lengkap artikel ini, hal ini dikarenakan webhosting tempat penyimpanan data yang saya miliki telah diretas, sehingga hampir seluruh data yang saya miliki hilang...
Terimakasih atas kunjungannya




0 komentar:

Post a Comment