Home » , » Malakah Penyehatan Makanan

Malakah Penyehatan Makanan


oleh Rajman dan Zulfiani
Makalah lengkap download ,Disini

BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Penyakit bawaan makanan (foodborne disease), biasanya bersifat toksik maupun infeksius, di sebabkan oleh agens penyakit yang masuk kedalam tubuh melalui komsumsi makanan yang terkontaminasi. Kadang-kadang penyakit ini sdisebut ‘’keracunan makanan’’ (food poisoning) walaupun istilah ini tidak tepat. Penyakit bawaan makanan mencakup lingkup penyakit yang etiologinya bersifat kimiawi maupun biologis, termaksuk penyakit kolera dan diare, sekaligus beberapa penyakit parasit.
Penyakit bawaan makanan merupakan salah satu permasalahan kesehatan masyarakat yang paling banyak dan paling membebani yamg pernah dijumpai dizaman modern ini. Penyakit tersebut meminta banyak korban dalam kehidupan manusia dan menyebabkan sejumlah besar penderitaan khususnya dikalangan bayi, anak, lansia, dan mereka yang kekebalan tubuhnya terganggu. Tingkat keparahan (besaran) dan konsekuensi penyakit bawaan makanan ini kerap kali diremahkan oleh pihak berwenang dibidang kesehatan masyarakat. Walaupun demikian, sarana dan prasarana untuk upaya pencegahan penyakit bawaan makanan masih kurang tersedia. Selain itu, yang patut disesalkan, adalah bahwa negara yang memikul beban sebesar permasalahan ini juga merupakan negara yang sumber dayamya paling sedikit untuk mencegah kejadian penyakit tersebut.
Keracunan makanan merupakan suatu penyakit dastroenteritis akut. penyakit ini terjadi karena kontaminasi bakteri hidup atau toksin yang dihasilkan pada makanan atau karena kontaminasi zat-zat anorganik dan racun yang berasal dari tanaman dan binatang.
Sekitar lingkungan manusia merupakan tanggung jawab setiap orang, akan tetapi kesadaran masyarakat dalam hal ini masih rendah, misalnya ada kejadian penyakit yang disebabkan oleh makanan yang timbul dari suatu keluarga maka dampaknya akan dirasa oleh keluarga itu sendiri, akan tetapi bila suatu makanan itu diperjual belikan secara meluas maka dampaknya akan meluas pula sehingga akan mempengaruhi kesehatan masyarakat.
Penyehatan makanan merupakan suatu upaya secara sadar yang dilakukan baik secara induvidu, kelompok maupun pemerintah yang dimaksudkan untuk meningkatkan taraf gizi sekaligus mengurangi masalah-masalah yang ditimbulkan oleh makanan yang tidak layak untuk dikonsumsi. Upaya ini tidak serta merta berjalan tanpa ada arahan, sehingga perlu ada suatu regulasi dan juga pengembangan-pengambangan untuk meningkatkan nilai pengan.
Dari uraian diatas maka dipandang perlu adanya usaha agar keadaan lingkungan menjadi sehat sehingga makanan akan terhindarkan dari pencemaran yang akan mengakibatkan penyakit pada manusia, usaha inilah yang dikenal dengan ‘’SANITASI MAKANAN’’.
B. Tujuan
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi sanitasi makanan
2. Untuk mengkaji upaya-upaya yang dilakukan dalam penyehatan makanan
3. Untuk mengkaji prinsip-prinsi penyehatan makanan.
C. Manfaat
    Adapun manfaat dari penulisan makalah ini yaitu :
1. Memberi informasi tentang makanan sehat dan tidak sehat
2. Memberikan tambahan informasi kepada pihak terkait tentang upaya penyehatan makanan.

0 komentar:

Post a Comment