Home » , » DAMPAK PLUMBUM (Pb) TERHADAP KESEHATAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN SERTA PENGENDALIANNYA

DAMPAK PLUMBUM (Pb) TERHADAP KESEHATAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN SERTA PENGENDALIANNYA

Oleh Rajman dan Zulfiani

makalah lengkapnya dowload di Link ini


BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Timbal adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Pb dan nomor atom 82. Lambangnya diambil dari bahasa Latin Plumbum timbal (Pb) adalah logam berat yang terdapat secara alami di dalam kerak bumi] Keberadaan timbal bisa juga berasal dari hasil aktivitas manusia, yang mana jumlahnya 300 kali lebih banyak dibandingkan Pb alami yang terdapat pada kerak bumi Pb terkonsentrasi dalam deposit bijih logam. Unsur Pb digunakan dalam bidang industri modern sebagai bahan pembuatan pipa air yang tahan korosi, bahan pembuat cat, baterai, dan campuran bahan bakar bensin tetraetil.
Seyawa Pb-organik seperti Pb tetraetil dan Pb tetrametil merupakan senyawa yang penting karena banyak di gunakan sebagai zat aditif pada bahan bakar bensin dalam upaya meningkatkan angka oktan secara ekonomi.
Timbal (Pb) merupakan logam yang mendapat perhatian khusus karena sifatnya yang toksik (beracun) terhadap manusia. Timbal (Pb) dapat masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi makanan, minuman, udara, air, serta debu yang tercemar Pb.
Keracunan timbal bisa menyerang manusia dari berbagai usia. Akan tetapi, anak usia muda, wanita hamil dan pekerja di industry tertentu lebih besar resikonya di bandingkan kelompok yang . Anak-anak lebih sensitive di bandingkan orang dewasa karena pusat perkembangan system saraf mereka masih berkembang. Di tambah lagi, anak-anak mengahabiskan waktunya bermain di lantai atau di pekarangan rumah, bersentuhan dengan tanah dan debu yang mungkin mengandung timbal. Anak-anak juga senangbermain dengan mainan dan seringkali meletakkannya di mulut. Mainan tersebut juga besar kemungkinan mengandung. Wanita yang bersentuhan dengan timbal juga memiliki resiko besar menularkannya pada anak mereka selama masa kehamilan dan menyusui karena tgimbal yang di cerna oleh si ibu bisa mengalir melalui plasenta dan berakibat fatal pada janin atau .
Oleh karena itu berdasarkan uraian diatas, maka sangat penting bagi kami untuk membahas mengenai Plumbum (Pb) terutama aktifitas racunnya terhadap manusia dan lingkungan.
B. Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu :
1. Untuk mengetahui pengaruh timbal (Pb) terhadap manusia dan lingkungan
2. Untuk mengetahui aktivitas timbal (Pb) tehadap lingkungan dan manusia
3. Untuk mengetahui cara pencegahan keracunan timbal (Pb)

0 komentar:

Post a Comment